Rabu, 21 Juni 2017

Filsafat Matematika dan Pendidikan Matematika:
Jawaban dari soal-soal ujian Filsafat Pendidikan Matematika
Blog: mutiakhalida.blogspot.com
1.      Jelaskan yang dimaksud Ontologi Matematika, dan berilah contohnya.
Ontologi dalam Matematika menurut saya berarti menelaah segala kenyataan matematika dan mencari intinya. Jadi semua fenomena yang berhubungan dengan matematika dikupas bahkan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Dari pengertiannya ontologi berarti:
Obyek telaah ontologi adalah yang ada tidak terikat pada satu perwujudan tertentu, ontologi membahas tentang yang ada secara universal, yaitu berusaha mencari inti yang dimuat setiap kenyataan yang meliputi segala realitas dalam semua bentuknya. (Inu Kencana Syafii, Pengantar Filsafat, ( Cet. I; Bandung: Refika Aditama, 2004), h. 9).
Contoh ontologi matematika:
Contohnya ketika dahulu secara universal ditanyakan bagaimana sesuatu bisa bertambah jumlahnya maupun berkurang. Lalu dicarilah bentuk umum untuk melakukan operasi tersebut.
2.      Jelaskan yang dimaksud Epistemologi Matematika, dan berilah contohnya.
Epistemologi Matematika menurut saya ketika kita menemukan sesuatu yang berhubungan dengan matematika dan mengetahui darimana hal itu didapat.
Kajian epistemologi membahas tentang bagaimana proses mendapatkan ilmu pengetahuan, hal-hal apakah yang harus diperhatikan agar mendapatkan pengetahuan yang benar, apa yang disebut kebenaran dan apa kriterianya. Objek telaah epistemologi adalah mempertanyakan bagaimana sesuatu itu datang, bagaimana kita mengetahuinya, bagaimana kita membedakan dengan lainnya, jadi berkenaan dengan situasi dan kondisi ruang serta waktu mengenai sesuatu hal. (Inu Kencana Syafii, Pengantar Filsafat, ( Cet. I; Bandung: Refika Aditama, 2004), h. 10).
Contoh epistemologi matematika:
Contohnya mencari kebenaran dari cara mengitung luas bangun datar, maka dari itu dilakukanlah telaah proses bagaimana cara itu didapatkan.
3.      Jelaskan yang dimaksud Aksiologi Matematika, dan berilah contohnya.
Aksiologi Matematika adalah keadaan dimana kita tidak hanya mengetahui tetapi juga memahami untuk apa pengetahuan matematika yang sudah didapat, bagaimana fungsinya.
Yang menjadi landasan dalam tataran aksiologi adalah untuk apa pengetahuan itu digunakan? Bagaimana hubungan penggunaan ilmiah dengan moral etika? Bagaimana penentuan obyek yang diteliti secara moral? Bagimana kaitan prosedur ilmiah dan metode ilmiah dengan kaidah moral? (Inu Kencana Syafii, Pengantar Filsafat, ( Cet. I; Bandung: Refika Aditama, 2004), h. 11)
Contoh aksiologi matematika:
Ketika sudah mengetahui bagaimana operasi penjumlahan maupun pengurangan, perkalian maupun pembagian lalu dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Jelaskan yang dimaksud Ontologi Pendidikan Matematika, dan berilah contohnya.
Ontologi pendidikan matematika menurut saya berarti dalam pembelajaran, peserta didik melakukan kegiatan menelaah segala kenyataan matematika dan mencari intinya. Jadi semua fenomena yang berhubungan dengan matematika dikupas bahkan yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh: ketika peserta didik diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk bertanya dan menelaah serta dapat merumuskan suatu masalah matematika dan menemukan solusinya.

5.      Jelaskan yang dimaksud Epistemologi Pendidikan Matematika, dan berilah contohnya.
Epistemologi pendidikan matematika menurut saya disaat peserta didik mengetahui sesuatu yang pengetahuan yang berhubungan dengan matematika dan mengetahui darimana hal itu didapat.
Contoh: ketika peserta didik mengetahui semisal cara menemukan ukuran luas bangun suatu bangun datar, maka dia dapat juga menjabarkan bagaimana cara penyelesaian itu didapat.

6.      Jelaskan yang dimaksud Aksiologi Pendidikan Matematika, dan berilah contohnya.
Aksiologi pendidikan matematika adalah keadaan dimana peserta didik tidak hanya mengetahui tetapi juga memahami untuk apa pengetahuan matematika yang sudah didapat, bagaimana fungsinya, serta bagaimana menggunakannya dalam kehidupan.
Contohnya: peserta didik mengetahui cara menemukan luar bangun datar dan ia dapat menggunakannya pada permasalahan nyata dalam kehidupan.

7.      Jelaskan yang dimaksud Hermenetika Matematika, dan berilah contohnya.
"Hermeneutics" means the theory of interpretation, i.e. the theory of achieving an understanding of texts, utterances, and so on (it does not mean a certain twentieth-century philosophical movement). (On the history of hermeneutics in general, and on the role of the Reformation in particular, see W. Dilthey "Schleiermacher's Hermeneutical System in Relation to Earlier Protestant Hermeneutics" (1860) and "The Rise of Hermeneutics" (1900), both in W. Dilthey, Hermeneutics and the Study of History (Princeton: Princeton University Press, 1996).).
Dari pengertian diatas, menurut saya, hermenetika matematika adalah ketika kita tidak hanya mengetahui pengetahuan tentang matematika namun juga memahami dengan cara merasakan dan menemukan (atau bisa disebut juga melalui pengalaman) bagaimana pengetahuan matematika tersebut.
Contoh: menemukan suatu rumus tidak hanya sekedar mengetahui namun juga didapat dari pengalaman sendiri, menemukannya sendiri berdasarkan petunjuk-petunjuk dan paham apa maksudnya.

8.      Jelaskan yang dimaksud Hermenetika Pendidikan Matematika, dan berilah contohnya.
Menurut saya, hermenetika pendidikan matematika adalah ketika peserta didik tidak hanya diberi pengetahuan, namun bagaimana peserta didik diberi petunjuk agar dapat menemukan dan memahami suatu pengetahuan.
Contoh: dalam pembelajaran peserta didik tidak hanya langsung diberikan rumus namun diberi kegiatan untuk menemukan bagaimana cara penyelesaian sendiri, diberi petunjuk sehingga dapat merumuskan.
9.      Jelaskan yang dimaksud Phenomenologi Matematika, dan berilah contohnya.
Donny (2005: 150) menuliskan fenomenologi adalah ilmu tentang esensi-esensi kesadaran dan esensi ideal dari obyek-obyek sebagai korelasi dengan kesadaran.
Dari pengertian diatas, menurut saya, phenomenologi matematika adalah ketika kita menemukan pengetahuan matematika yang baru berdasarkan melihat faktor-faktor yang ada dan membangunnya menjadi pengetahuan baru tersebut.
Contoh: melihat fenomena yang ada dalam kehidupan dan mencoba menyusun dengan pengetahuan yang telah diketahui untuk menemukan bagaimana solusinya.

10.  Jelaskan yang dimaksud Phenomenologi Pendidikan Matematika, dan berilah contohnya.
Phenomenologi pendidikan matematika menurut saya adalah ketika peserta didik dapat membangun pengetahuannya dan menggunakannya untuk menemukan pengetahuan matematika yang belim diketahuinya.
Contoh: peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan bangun ruang dengan pengetahuannya mengenai operasi bilangan sera mengenai bangun datar.
Daftar Pustaka
Donny. 2005. Fenomenologi dan Hermeneutika: sebuah Perbandingan. Dipublikasi oleh kalamenau.blogspot
Syafii, Inu Kencana. 2004. Pengantar Filsafat.  Cet. I; Bandung: Refika Aditama.
W, Dilthey. 1996. Hermeneutics and the Study of History. Princeton: Princeton University Press


Tidak ada komentar:

Posting Komentar